Skip to main content

Resep Bolu Pisang Super Gampang Tanpa Mixer Tanpa Oven. Hasilnya Empuk Moist dan Lezat Bangettt

Sumpaahh bolu pisang ini salah satu bolu favorit keluargaku. Rasanya itu loh. Manisnya enakk gitu, legit banget. Apalagi tekstrunya itu empukk abis dan moist. Daripada punya stok pisang di kulkas dibiarkan aja, mending di buat bolu. Gampang banget kok cara bikinnya.
Kali ini aku bikin cuman diaduk aja. TANPA MIXER TANPA OVEN. Dan aku pake TAKARAN SENDOK aja, jadi gampang ditiruin.

BOLU PISANG TER LEZAT
By @husnacookings

Bahan - bahan :
  • 4 buah pisang kecil, (saya pakai pisang barlin)
  • 1 butir telur
  • 3 sdm gula pasir (bisa di tambah kalau suka manis)
  • 40 gr susu kental manis (1 saset)
  • 6 sdm tepung terigu
  • 1 sdt soda kue
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 6 sdm minyak goreng (boleh di ganti margarin kalau mau kue nya ada gurih gurihnya)
Cara Membuat :

Hancurkan pisang pakai garpu sampai hancur dan tekstrunya kayak bubur, lalu sisihkan.

Siapkan wadah: pecahkan telur dan tambah gula pasir, kemudian kocok hingga gula larut, lalu tambahkan kental manis dan pisang yang kita haluskan tadi, aduk rata.

Ayak tepung, soda kue dan vanili bubuk di atas wadah itu, kemudian aduk rata, lalu tambah minyak goreng, aduk balik hingga tidak ada minyak mengendap di bawah.

Siapkan loyang, kemudian lapisi dengan baking paper serta olesi margarin, kemudian tuang adonan dan henta-hentakkan agar udara yang terperangkap keluar.

Panaskan kukusan, tunggu hingga air mendidih dan keluar banyak uap panas, kemudian masukkan adonan dalam loyang tadi, lalu kukus selama 30 menit pakai api sedang cenderung kecil.

Setelah 30 menit, buka kukusan dan tes kematangan dengan tusuk sate, jika tidak ada bolu yang nempel artinya sudah matang ya, angkat dan tunggu agak dingin.

Setelah agak dingin, sisir pinggiran bolu dan keluarkan dari loyang, kemudian potong sesuai selera, sajikan bersama teh hangat makin nikmat.

Tips :

1. Gunakan semua bahan SUHU RUANG, jangan dari kulkas. Jika dari kulkas maka diamkan sampai tidak dingin lagi.

2. Tutup kukusan harus di beri serbet ya agar uap air gak jatuh ke dalam bolunya.

3. Gunakan api sedang cenderung kecil dari awal menyalakan api, jangan di rubah secara mendadak karena bisa membuat bolu jadi bantat.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar