Skip to main content

Resep Jengkol Crispy Balado. Crispy Garing dan Gurih Pedes Dari Baladonya


Dua hari lalu sy bikin stok jengkol crispy balado 1/2 kg, rencana buat di simpen kalau males masak bisa makan ini aja pake telor dadar, atau buat taburan nasi uduk juga enak.. tapi boro-boro yah.. adek kk sy mampir ke rumah pada bungkusin. Besok-besok bikin lagi sekalian 2kg, tapii ngiris nya itu lho kayak gak ada kerjaan.

Ini enak banget..banget.. bagi yang suka jengkol yah, jengkol nya crispy garing trus gurih pedes dari baladonya.

JENGKOL CRISPY BALADO
By @aras_galeri

Bahan - bahan :
  • 1/2 kg jengkol tua
  • Garam, gula pasir, kaldu jamur
Bumbu balado ulek halus :
  • 70 gr cabe merah kriting
  • 50 gr cabe rawit merah
  • *jumlah cabe bisa di tambah / kurang sesuai selera
  • 3 siung bawang putih kating
Cara Membuat :

Rendam jengkol semalaman, buang air rendaman, bersihkan dari kulit nya

Iris tipis jengkol seperti foto slide 2, sy iris manual pake pisau, lalu cuci bersih sampai hilang getahnya, bisa di cuci 3 - 4x, tiriskan lalu lumuri jengkol dengan garam secukupnya

Goreng jengkol dalam minyak panas, aduk sesekali biar gak saling nempel, lalu kecil kan api, goreng sampai garing

Saya gorengnya 2x biar bener-bener kriuk, kalau bikin sedikit untuk langsung di makan cukup 1x goreng saja.

Tumis bumbu balado sampai harum dan benar-benar matang, bumbui garam, kaldu jamur dan sedikit gula (optional).

TUNGGU TUMISAN BALADO DINGIN, lalu campurkan dengan jengkol crispy

Simpan dalam toples kedap udara.

Selamat mencoba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar